8 Jan 2009

Delapan Hari Pasca Kebakaran Pasar Besar Madiun

Delapan Hari Pasca Kebakaran Pasar Besar Madiun, Penyebab belum diketahui


October 30, 2008

Madiun - Hari ke 8 pasca terbakarya pasar besar kotra Madiun yang meludeskan 1.616 los dan kios, hingga saat ini Tim Labfor Polda Jatim belum mengeluarkan hasil penyelidikan mengenai penyebabnya.

AKBP Setija Junianta Kapolresta Madiun kepada wartawan Kamis (30/10/2008) mengatakan kalau pihak Labfor Polda Jatim masih melakukn pemriksaan barang bukti yang mereka bawa untuk mengungap penyebabnya.

“Kami sudah kontak dengan Labfor Polda tadi kalau sampai hari ini belum diketahui penyebabnya, karena tidak mau terburu - buru memberi kesimpulan yang akurat,” jelas Setija saat acara Opening salah satu produk seluler (SMART) di Jalan Soekarno Hata kota Madiun.

Setija menambahkan pihak labfor tidak bisa mentargetkan kapan dikeluarkan hasilnya karena memerlukan kecermatan untuk mengungkap kasus kebakaran besar, serta untuk melakuan penyelidikan ini 8 saksi telah diperiksa dan dari keterangan para saksi belum ada yang bisa memberikan keterangan kuat.

Sementara itu ditanya soal kerugian Kapolesta tidak mengetahui secara pasti karena juga masih dalam pendataan dinas Pasar serta Pemkot Madiun.

Diketahui peristiwa kebakaran yang terjadi pada hari Kamis (23/10/2008) pukul 02.00 dinihari telah meludeskan ribuan kios dan los dimana para pedagang baru saja kulakan (red. belanja) dagangan mereka yang akan dijual kembali.

Secara terpisah Kokok Raya Walikota madiun dilokasi yang sama mengatakan untuk kerugian sampai saat ini belum dapat diumumkan karena masih dalam pendataan dinas Pasar dan untuk mengetahui secara detail kondisi bangunan pasar pihaknya akan memanggil pihak ITS Surabaya.

“Kerugian kita belum total secara keseluruhan, nanti kalau sudah selesai kita akan umumkan dan kita akan panggilkan dari ITS Surabaya,” jelas Kokok yang kalah bersaing dalam Pilwal 23 Okober 2008 lalu.